CARA MEMBERSIHKAN KASUR DI RUMAH

Untuk menghindari skenario yang tidak menyenangkan, bersihkan dan disinfeksi alat bantu tidur secara teratur. Kabar baiknya, Anda tidak memerlukan produk pembersih khusus atau peralatan yang rumit untuk perawatan dan kebersihan. Hampir semua yang Anda butuhkan ada di lemari Anda di rumah.

Bagaimana cara merawat kebersihan kasur di rumah?

Sedangkan untuk membersihkan kasur Anda di rumah, gunakan penyedot debu.

Penyedot debu adalah alat yang sangat baik untuk menghilangkan kontaminan yang menembus lapisan permukaan kasur.

Untuk membersihkan kasur secara efektif, lepaskan seprai dan cuci dengan mesin cuci. Kemudian, gunakan penyedot debu untuk membersihkan kasur secara menyeluruh.

Berikan perhatian khusus pada bagian tepi dan ruang di antara lapisan, karena di sinilah sebagian besar debu, rambut, sel kulit, dan kotoran menumpuk.

Segarkan dan hilangkan bau dengan soda.

Soda biasa adalah disinfektan dan penyegar yang sangat baik yang tidak hanya membersihkan secara efektif tetapi juga menghilangkan tungau, bakteri penyebab alergi, dan bau. Soda tidak mengandung bahan kimia penyebab alergi, tidak mencemari, dan dapat dibeli dengan harga kurang dari satu BGN di toko bahan makanan mana pun.

Untuk menyegarkan dan menghilangkan bau, taburkan lapisan tebal soda di atas kasur, gosok perlahan dengan tangan Anda, dan biarkan selama 24 jam. Gunakan penyedot debu lagi untuk menghilangkan soda dan bersihkan alat bantu tidur secara menyeluruh.

Untuk menambah keharuman pada kasur, tambahkan satu hingga dua tetes minyak lavender atau empat hingga lima tetes minyak pohon teh ke dalam 250 gram soda.

Menghilangkan noda dengan pembersih buatan sendiri

Noda darah

Untuk menghilangkan noda darah, gunakan larutan hidrogen peroksida (3%). Masukkan hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang terkena noda. Biarkan beberapa saat dan seka dengan kain mikrofiber putih yang kering.

Jika noda masih baru, Anda dapat membersihkannya dengan air dan garam. Tambahkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air dan aduk rata.

Untuk mengatasi noda darah, celupkan handuk ke dalam campuran tersebut dan oleskan dengan lembut pada area yang terkena noda. Hindari menggosok noda dengan kuat karena dapat menyebabkan noda menyebar. Setelah selesai, keringkan area tersebut secara menyeluruh dengan kain bersih dan kering.

Jika noda sudah lama dan membandel, Anda dapat mencoba pendekatan yang sedikit lebih agresif dengan mencampurkan tepung maizena, hidrogen peroksida 3%, dan garam. Untuk menyiapkan campuran, campurkan 2 sendok makan tepung kanji, 1 garam, dan 3 peroksida (air beroksigen) ke dalam mangkuk.

Oleskan campuran tersebut ke noda dan biarkan mengering. Kemudian bersihkan deterjen buatan sendiri dari kasur dengan sendok.

Noda urine

bisa jadi sulit dihilangkan karena dapat menyebabkan lapisan permukaan kasur menguning dan baunya dapat meresap jauh ke dalam.

Jika noda masih baru, sangat penting untuk bertindak cepat untuk mencegah cairan merembes ke dalam kasur. Untuk menghilangkan noda, buatlah larutan air dan beberapa tetes deterjen pencuci piring.

Untuk mendisinfeksi area tersebut, basahi kain kering dengan larutan tersebut dan obati noda dengan cepat. Kemudian, gunakan campuran cuka dan air perasan lemon untuk menghilangkan bau urine.

Jika noda sudah lama, cobalah kombinasi 3 sendok makan soda kue, 8 ons hidrogen peroksida, dan sedikit cairan pencuci piring atau sabun. Bersihkan noda secara perlahan dengan kain lembab tanpa menekan, lalu serap kelembapannya dengan handuk kering.

Untuk menghilangkan noda urine dari kasur, gunakan asam borat. Oleskan asam borat pada area yang terkena noda dan biarkan mengering. Jika noda masih ada, ulangi prosesnya. Oleskan asam borat ke area yang terkena noda dan biarkan mengering. Kemudian, seka dengan kain kering.

Jika Anda makan di tempat tidur, Anda kemungkinan besar Anda pernah menumpahkan makanan atau minuman di kasur Anda sebelumnya. Untuk menghilangkan noda-noda ini, buatlah busa kering dengan mencampurkan 2 sendok makan deterjen putih (tanpa kristal biru) dengan 1 sendok makan air.

Oleskan busa tersebut pada noda dan tunggu 10 menit sebelum mengikisnya dengan sendok. Seka area tersebut dengan kain lembab dan biarkan mengering.

Untuk menghilangkan noda dari makanan dan minuman, buatlah larutan 1/3 gelas jus lemon dan setengah gelas cuka. Semprotkan noda dengan air beroksigen dari botol semprot. Keringkan area tersebut dengan handuk microfiber bersih dan biarkan kasur mengering.

Ikuti tips berguna ini untuk menjaga kasur Anda tetap bersih dan sehat.

Menggunakan pelindung

adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kasur Anda tetap bersih dan memperpanjang masa pakainya. Pilihlah pelindung yang dapat dicuci yang dapat dengan mudah dilepas dan dicuci dengan mesin jika Anda melihat ada noda atau bau keringat atau cairan tubuh lainnya.

Penting untuk membersihkannya secara teratur.

Untuk memastikan kasur Anda benar-benar bersih, sedot debu dengan hati-hati dan menyeluruh setidaknya sebulan sekali. Untuk menghindari bau tak sedap, segarkan tempat tidur Anda setiap beberapa bulan sekali dengan menaburkan soda kue.

Jika Anda memiliki produk satu sisi, putarlah 180 derajat setiap beberapa bulan. Jika dua sisi, putar halamannya setiap tiga atau enam bulan.

Saat Anda bangun di pagi hari, jangan langsung merapikan tempat tidur. Sebagai gantinya, lepaskan bantal, selimut, dan seprai, lalu buka jendela untuk memberi ventilasi pada tempat tidur. Hal ini akan mencegah kelembapan dari keringat masuk ke dalam dan mengurangi penyebaran jamur, lumut, dan tungau.

Ingatlah untuk mengganti seprai. 

Sarung bantal dan seprai yang bersih dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi penumpukan kulit mati, debu, dan rambut di kasur. Untuk menjaga kasur tetap bersih, bersihkan noda segera setelah Anda melihatnya dan biarkan kasur benar-benar kering sebelum

menggunakannya. Jika memungkinkan, bawa kasur ke luar setidaknya sekali selama musim panas.

Membawanya ke luar memiliki dua manfaat: ventilasi dan pengeringan yang lebih baik, dan sinar ultraviolet matahari dapat menghilangkan tungau yang telah menetap di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *