PERBEDAAN ANTARA QUILTCOVER DAN BEDCOVER

produsen pabrik konveksi sprei linen hotel

Diantara kita pasti masih bingung ya membedakan antara quiltcover dengan bedcover. Karena kedua macam perlengkapan tidur yang penting tersebut memiliki spesifikasi yang hampir sama. Supaya kita tidak bingung lagi cara membedakannya, mari kita bahas pada ulasan berikut ini

QUILTCOVER

Quiltcover yaitu lembaran kain yang berbentuk kantung, tanpa isi silikon / dakron, dan tanpa quilting / jahitan. Quiltcover digunakan sebagai sarung dari insert cover / Duvet agar tempat tidur lebih indah. Untuk menggunakannya, anda perlu mempunyai quilt-nya, atau isinya yaitu berupa silikon / dakron, atau biasa disebut dengan Duvet. Quiltcover ini sangat praktis digunakan terutama ketika anda ingin mencucinya, tinggal lepaskan quiltcovernya. Sedangkan isinya berupa silikon /dakron atau Duvet bisa anda ganti quiltcovernya dengan motif yang lain. Quiltcover tidak memiliki tekstur melainkan mulus seperti selimut pada umumnya. Jika anda tipe orang yang senang mengganti-ganti motif dan suasana baru, maka quiltcover menjadi pilihan yang cocok bagi anda. Anda cukup membeli satu isi / quilt / Duvet untuk beberapa quiltcover. Begitu simple dan praktis bukan?

Quilt cover memiliki kelebihan yaitu,

  1. Mudah diaplikasikan untuk dibongkar pasang
  2. Pencucian lebih mudah dilakukan, karena bisa dengan mudah dilepas dari insert covernya atau duvet cover.
  3. Quiltcover dilapisi oleh kain di atas dakron sehingga mencegah cairan tubuh masuk ke dalam dakron sehingga ketika anda terbangun di pagi hari, tubuh anda akan terasa lebih segar.

Bagaimana untuk merawat quiltcover ?

perawatan quilt cover sangat mudah dilakukan. Ikuti tata cara merawat quilt cover 

  1. Dapat dicuci secara manual atau dengan mesin cuci.
  2. Pisahkan cucian baju dengan sprei, jangan di dry clean.
  3. Masukkan ke dalam mesin cuci dengan kecepatan normal / cuci secara manual.
  4. Jemur dengan posisi terbalik atau keringkan dengan mesin pengering. Hindarilah menjemur quiltcover di bawah sinar matahari langsung.
  5. Setrika hangat jika diperlukan.

Setelah membahas mengenai quilt cover, mari kita bahas tentang bedcover supaya kalian tidak bingung lagi

BEDCOVER

Bed Cover menurut definisi yang diambil dari WORDNET adalah “bedspread: decorative cover for a bed”. Definisi tersebut dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “penutup kasur yang berfungsi sebagai hiasan”. Berdasarkan kamus WordNet itu, bed cover punya beberapa sinonim antara lain “bedspread”, “bedcover”, “counterpane” dan “spread”. Meskipun punya banyak sinonim dalam bahasa inggris. Kata bed cover bisa dibilang belum memiliki padanan yang pas dalam bahasa Indonesia. Hampir semua orang Indonesia merujuk benda yang satu ini dengan nama “bed cover” dan bukan dengan kata “penutup kasur” sebagaimana terjemahan langsung dari kata tersebut ke bahasa Indonesia. Hal ini terbukti dengan data google insight berikut yang menunjukkan tidak adanya orang Indonesia yang melakukan pencarian bed cover dalam bahasa Indonesia.

Padanan kata bahasa Indonesia yang paling mendekati bed cover mungkin adalah sprei. Namun, nyatanya sprei dan bedcover merupakan dua hal yang berbeda. Sprei biasanya hanya berupa lembaran kain sementara bedcover biasa lebih tebal karena didalamnya juga diisi dengan bahan busa khusus. Bahan busa khusus itu membuatnya menjadi lebih tebal dan empuk sehingga bisa membawa kehangatan yang lebih pada tempat tidur Anda.Diluar negeri sendiri bed cover punya banyak jenis.

Dimana masing-masing jenis itu memiliki nama sendiri. Berikut beberapa diantaranya:

Bed Skirt.

Penutup tempat tidur yang dikhususkan untuk menutupi bagian pinggir dan kaki dari tempat tidur. Tergantung dari atas kasur sampai ke bawah lantai.

Bed Spread.

BedCover yang sisi-sisinya sampai ke lantai dibawah tempat tidur. Banyak dipakai di Amrika Utara setelah perang dunia 2.

Comforter.

Bedcover yang diisi dengan bahan khusus didalamnya dan biasanya bolak-balik. Biasanya dipasangkan dengan bed skirt untuk membentuk peaduan hiasan yang sempurna bagi tempat tidur.

Banyak kita temui bedcover yang berjamur dan muncul bintik-bintik hitam di beberapa bagian hal ini dikarenakan perawatan yang tidak benar. Cara perawatan bedcover memang agak sulit dibanding dengan selimut biasa, karena bahannya, ketebalannya dan jenis kainnya, sehingga cara perawatan bedcover atau cara mencuci bedcover akan terasa melelahkan apabila dikerjakan dengan tangan. Namunada beberapa cara merawat bedcover yang benar dan mudah, simak tips cara merawat bedcover berikut ini:

Cara Perawatan Bedcover

Ada beberapa bagian pada bedcover yang biasanya rentan bersamaan dengan umurnya, yaitu pada pola jahitan motif yang saling silang menyilang diseluruh permukaan. Bagian ini akan mudah rusak diakibatkan proses menggunakan sikat saat mencuci. Bagian lainnya adalah bahan pengisi dari bedcover yang biasa disebut dacron yang bisa susut sejalan dengan seringnya dicuci. Susutnya dacron inilah biasanya yang paling dominan mempengaruhi kondisi bedcover anda dan cara terbaik untuk menghindarinya adalah tidak terlalu sering mencucinya. Bagaimana mungkin tidak boleh sering dicuci, untuk itu harus dijaga agar bedcover tidak mudah kotor dan disinilah seninya ya bila dirumah ada anak kecil apalagi jika masih tidur bareng sama ayah bundanya .

Cara Pencucian Bedcover

Jika anda ingin mencuci secara manual atau menggunakan tangan, maka hindarilah penggunaan sikat dan jika terpaksa menggunakannya maka pilihlah sikat yang lembut. Pada saat menyikatnya juga dengan lembut agar tidak merusak serat kain maupun pola jahitan di seluruh permukaan bedcover. Saat mencuci menggunakan mesin cuci gunakanlah putaran mesin yang soft, sebagaimana poin di atas hal ini menghindari cepat rusaknya bedcover anda.saat mencuci dengan mesin pisahkan bedcover dengan pakaian lainnya selain menghindari resiko terkena lunturan, gesekan dengan pakaian lain akan membuat serat kain bedcover menjadi kasar dan terkadang memberi kesan seperti berpasir dan jika digunakan tentu jadi tidak nyaman pada kulit. Sebelum dicuci periksa dulu bedcover untuk mengetahui adanya noda yang cukup kuat, seperti darah atau bekas makanan dan minuman.

Jika noda seperti ini ada hendaknya bagian ini dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan pencucian total. Jika perlu dilakukan perawatan khusus seperti noda darah dapat anda rendam dulu dengan air dingin sedangkan noda berminyak bisa dengan menggunakan bahan kimia penghilang lemak. Jangan lupa jika anda menemukan noda segera untuk dibersihkan sebelum noda tersebut menempel lebih kuat dan tentunya jadi semakin sulit hilangnya.

Jika bedcover anda memiliki permukaan yang tipis maka hindarilah penggunaan pemutih dan penjemurannya pun jangan langsung terkena cahaya matahari cukup diangin anginkan saja. Bedcover tidak boleh direndam dalam larutan detergen terlalu lama untuk menghindari rusaknya serat kain. Pastikan bedcover benar benar sudah kering sebelum diangkat agar tidak timbul bau apek, kerena boleh jadi pada kainnya sudah kering tapi dacron di dalamnya belum benar benar kering.Pada saat menyetrika gunakanlah panas sedang saja, walaupun jadi lebih lama tapi panas yang berlebihan bisa merusak kain dan juga dacron pengisi bedcover.

Untuk kebutuhan supply sprei linen hotel, segera hubungi produsen sprei hotel  SHAREENA BEDDING.

Shareena bedding goods industries

OFFICE & WORKSHOP

Jl Pramuka no 41 Klaten Jawa Tengah 57411

CP : ibu OVIE tsel/WA 0813 2905 4390

Incoming search terms:

  • Perbedaan BED COVER dengan QUILT COVER